WeCreativez WhatsApp Support
Customer Service kami akan membantu dan menjawab, Silahkan bertanya!
Hi kak, apa yang bisa dibantu?

Usaha kaos distro merupakan peluang usaha yang memiliki pangsa pasar luas dan potensi bisnis yang masih terbuka lebar. 

Usaha kaos distro merupakan salah satu peluang usaha yang sangat cocok digeluti anak muda. Saya katakan demikian karena dalam membuat kaos distro dibutuhkan kreatifitas, baik dari segi desain maupun strategi promosi produknya.

Namun demikian pangsa pasar usaha kaos distro tidak terbatas pada kaum muda saja. Cakupan pasar bisnis distro cukup luas, mulai dari anak-anak hingga dewasa, laki-laki maupun perempuan. Tergantung pada konsep distro yang hendak Anda bangun serta strategi pemasaran. Ngomong-ngomong soal strategi pemasaran Anda harus membaca Strategi Pemasaran Produk Yang Terbukti Jitu agar dapat menyusun strategi pemasaran yang mumpuni untuk usaha distro Anda.

Istilah distro adalah kependekan dari distribution outlet, merupakan tempat untuk mendistribusikan produk. Ciri utama dari distro adalah produk yang limited (terbatas) dan berkualitas. Dan ciri yang kedua adalah desain yang kuat. Selain distro, mungkin Anda tertarik untuk menjajal bisnis online.

Berkaitan dengan ciri utama tersebut, maka jika ingin sukses dalam bisnis distro Anda harus selalu memegang teguh ketiga hal tersebut. Nanti saya akan uraikan kiat dan tips sukses usaha distro.

Cara Memulai Usaha Kaos Distro

1. Cari Konsep Yang Unik. Setelah memutuskan untuk terjun dan memulai usaha kaos distro, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari konsep yang unik dan punya nilai jual. Cara paling mudah menemukan ide bisnis kreatif adalah dengan melakukan brainstorming. Tulis semua ide yang terlintas di kepala Anda. Tulis apa saja, semuanya! Jangan takut salah! Langkah pertama ini merupakan kunci utama kesuksesan bisnis distro yang hendak Anda rintis.

2. Tentukan Konsep Bisnis. Usaha kaos distro seperti apa yang hendak Anda bangun? Apakah memproduksi kaos sendiri, atau berbekal desain sementara urusan produksi biar pihak lain yang mengerjakan, atau mejadi penjual atau reseller saja dan mencari supplier baju distro yang sudah jadi. Apakah menyewa tempat di lokasi strategis untuk outlet kaos distro yang akan Anda buat, atau memanfaatkan space di rumah dan menggarapnya sebagai peluang usaha rumahan. Apakah distro Anda akan menjual secara grosir atau retail. Semua ada plus minusnya. Tentukan konsep bisnis kaos distro yang hendak Anda bangun!

3. Temukan Mitra Yang Cocok. Mungkin Anda punya banyak talenta, tapi tetap saja Anda tidak akan bisa mengerjakan semuanya seorang diri. Berkaitan dengan konsep bisnis distro pada nomor dua, Anda mungkin akan butuh mitra bisnis. Mungkin mitra sablon yang mengerjakan produksi kaos yang Anda desain. Mungkin mitra supplier yang menjual kaos distro yang sudah jadi. Atau mungkin juga jika Anda ingin mengerjakan semuanya, Anda akan butuh partner yang mendampingi Anda. Cari mitra bisnis yang cocok sesuai dengan misi dan visi usaha yang Anda bangun!

4. Desain Strategi Promosi. Dalam bisnis kaos distro ini Anda bukanlah pemain pertama, sudah banyak distro yang berdiri dan tak sedikit yang sudah ‘punya nama’. Jadi sebagai pemain baru, Anda harus punya strategi promosi yang manjur.

5. Mempersiapkan Modal. Anda dapat menggali modal usaha dari berbagai sumber. Bahkan jika dari sumber-sumber tersebut modal usaha yang terkumpul masih juga kurang.

Tips Sukses Bisnis Kaos Distro

1. Desain Yang Kuat. Sebagaimana tadi disebutkan diawal bahwa kekuatan utama usaha distro adalah DESAIN. Jadi jika ingin sukses dalam usaha distro Anda harus memiliki desain yang bagus, unik, punya ciri khas, dan disukai banyak orang.

2. Limited dan Berkualitas. Selain desain, limited (terbatas) dan berkualitas juga menjadi kunci keberhasilan usaha kaos distro. Salah satu alasan kenapa membeli baju distro adalah karena produk distro dibuat secara terbatas. Keterbatasan jumlah membuat kaos distro menjadi terkesan unik dan eksklusif. Jadi Anda harus bisa menjaga eksklusifitas desain kaos distro yang Anda hasilkan. Batasi jumlah produksi tiap desainnya. Dan jangan lupa jaga kualitas.

3. Kuasai Satu Ceruk Market. Sebagai pemula dalam usaha kaos distro, Anda tidak bisa berharap serta merta mengusai semua pangsa pasar. Akan lebih bijak jika Anda memulainya dengan satu ceruk market yang tertarget. Bidik satu komunitas, jika mampu buat komunitas untuk bisnis distro Anda. Kekuatan komunitas ini akan menjadi kekuatan pasar bagi usaha distro yang Anda rintis.

4. Jangan Lupakan Bisnis Plan. Selalu tidak pernah bosan saya mengingatkan. Setiap memulai usaha baru, selalu awali dengan membuat bisnis plan. Begitu pentingnya bisnis plan, dialah yang akan menuntun Anda kembali jika suatu saat ditengah jalan Anda main serong dengan bisnis lain, atau jika suatu saat bisnis melenceng dari yang sudah direncanakan. Paling tidak buatlah bisnis plan sederhana seperti dalam Contoh Bisnis Plan yang pernah di tulis di Pojok Bisnis.

5. Go Online. Bidang fashion menempati urutan pertama dalam penjualan barang secara online. Jadi kalau Anda menggeluti usaha bidang fashion namun tidak merambah pemasaran online, maka Anda termasuk orang-orang yang merugi. Apalagi usaha kaos distro yang pangsa pasar utamanya adalah anak muda. Generasi mudah menempati urutan pertama kelompok usia sebagai konsumen bisnis online. Jadi tunggu apalagi… Segera buat website dan susun strategi pemasaran online. Perhatikan Cara Bisnis Baju Online seperti yang pernah dimuat di Pojok Bisnis.

6. Bangun Brand. Jangan hanya jualan, tapi bangunlah brand. Jualan itu penting untuk mendatangkan cash flow, namun brand lah yang bakal menyangga bisnis Anda untuk jangka waktu yang lama. Jadi jika ingin bisnis jangka panjang, selalu bangunlah brand.

Analisa Usaha Kaos Distro

Modal Awal

  • Renovasi: Rp 7.500.000,-
  • Interior dan Display: Rp 7.500.000,-
  • Sticker, Nota, Papan Nama: Rp 3.000.000,-
  • Lain-lain: Rp 1.000.000,-
  • JUMLAH: Rp 19.000.000,-

Biaya Operasional

  • Sewa Tempat: Rp 1.000.000,-
  • Belanja barang: Rp 8.000.000,-
  • Gaji Karyawan 2 orang: Rp 2.000.000,-
  • Listrik dan Internet: Rp 500.000,-
  • JUMLAH: Rp 11.500.000,-

Omset/Pendapatan

Misal harga 1 kaos @ Rp 125.000,- sehari laku 5

= Rp 125.000 x 5 Kaos x 30 hari

= Rp 18.750.000,-

Laba Bersih/Keuntungan

= Omset – Biaya Operasional

= Rp 18.750.000 – Rp 11.500.000

= Rp 7.250.000,-

BEP (Break Even Poin)

= Modal Awal / Keuntungan

= Rp 19.000.000 / Rp 7.250.000

= 2,6 bulan = 79 hari

Bagaimana Sahabat BajuMalang.com? Apakah kreatifitas Anda tertantang untuk menggarap peluang usaha kaos distro? Tidak perlu ragu lagi… Meskipun sudah banyak pemain distro, namun pangsa pasarnya masih terbuka lebar. Ingat kuncinya: Desain Unik, Limited, dan Kualitas!

Bisa Beli Satuan & Grosir

Buat produk dengan design kamu sendiri tanpa minimum order! BajuMalang.com melayani pembelian satuan.

Harga Murah

Dengan BajuMalang.com, anda bisa membuat produk dengan design anda sendiri dengan harga yang sangat terjangkau

Melayani / Dicari Dropship / Reseller Tanpa Biaya

BajuMalang.com menyediakan jasa dropship. Sebagai dropshipper anda bisa mengirimkan barang ke pelanggan dengan nama toko anda sendiri. Pengiriman bisa ke seluruh Indonesia.

HUBUNGI KAMI

  • Alamat: Jalan Graha Golf V no 30, Malang, Jawa Timur
  • WhatsApp: +6281348722090
  • Email : admin@bajumalang.com

 

Categories: Kaos Printing